Jumat, 06 Juli 2018

Penyebab Radang Amandel Pada Anak

Penyebab Radang Amandel Pada Anak

Radang amandel menjadi salah satu penyakit yang sering dialami anak-anak. Sebenarnya mengapa radang bisa terjadi? Amandel merupakan dua kelenjar kecil di dalam tenggorokan. Kelenjar ini memiliki fungsi sebagai pencegah infeksi. Seiringnya waktu, sistem kekebalan tubuh anak semakin berkembang sehingga kelenjar ini mulai melemah. Lalu, Apa penyebab Amandel pada anak ?

Apa fungsi amandel pada anak?

Amandel memiliki peranan dalam sistem kekebalan tubuh.

Fungsi amandel adalah menghasilkan antibodi untuk melawan kuman-kuman penyakit.

Pada anak, amandel memiliki peran yang cukup besar sebagai bagian paling depan dalam melawan kuman penyakit yang masuk melalui mulut.

Amandel akan memerangkap kuman penyakit yang masuk lewat sistem pernapasan dan mulut kemudian menghancurkannya.

Namun dalam kondisi tertentu amandel justru bisa terinfeksi dan mengalami peradangan, keadaan inilah yang dinamakan dengan penyakit amandel (tonsilitis).

Apa saja penyebab penyakit amandel pada anak?

Penyebab utama terjadinya penyakit amandel bengkak pada anak adalah infeksi bakteri atau virus.

Sekitar 15-30% penyakit amandel pada anak disebabkan oleh infeksi bakteri, sedangkan sebagian besar lainnya disebabkan karena virus (sumber: AAFP).

Bakteri yang paling sering menyebabkan tonsilitis atau penyakit amandel adalah Streptococcus, sementara beberapa virus yang dapat menyebabkan tonsilitis diantaranya seperti:

    Virus Influenza (virus flu)
    Adenovirus
    Virus Parainfluenza
    Enterovirus
    Virus Epstein-Barr (virus herpes manusia 4/ HHV-4)

Memahami apa saja penyebab penyakit amandel pada anak dan cara mengatasinya adalah pengetahuan yang harus dimiliki setiap orang tua agar penyakit ini bisa dicegah dan diminimalisir bahayanya.

Baca Juga : Obat Amandel

Penyebab Radang Amandel Pada Anak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar